Sunday, November 10, 2013


Kagoshima, Tadaima


Rubrikasi /

Kabar Kecil dari Jepang

Kagoshima, Tadaima

Oleh : Henny Herwina , Minggu, 10 November 2013 15:19 wib
 2  1
 
 0 StumbleUpon0
Penulis, kanan depan
Dalam beraberapa tahun terakhir ini, untuk berbagai kegiatan terkait penelitian dan akademis, Kagoshima Prefecture menjadi salah satu kota tujuan kunjunganku. Hal tersebut dapat terlaksana terkait dengan kerjasama yang sudah lama terjalin antara Universitas Andalas dan Kagoshima University serta peluang riset dan pendanaannya yang diselenggarakan DIKTI.
Selain tujuan utama untuk menyelesaikan beberapa tahapan penelitian Hibah Kerjasama dan Publikasi Internasional, keberangkatan ke Kagoshima kali ini juga sebagai anggota rombongan perpanjangan MoU kedua universitas bersama Prof. dr. Hermansah dan Dr. Erizal Mukhtar dari Fakultas Pertanian dan FMIPA UNAND.  Acara tersebut juga ditandai dengan joint Seminar dengan pembicara dari kedua Universitas.
Kagoshima merupakan salahsatu prefecture dari beberapa prefecture yang menjadi bagian dari Pulau Kyushu yang terletak di bagian Selatan kepulauan Jepang (dalam peta posisinya seolah berada di bawah pulau Honshu, pulu terbesar di Jepang). Seperti yang biasanya kujumpai di wilayah lainnya di Jepang, keramahan warga Kagoshima menjadi hal yang paling menyentuh, seolah tempat ini telah menjadi semacam rumah kedua.
Tidak hanya para pimpinan dan staf Universitas, pelajar, mahasiswa bahkan lansia yang kita temui dimanapun tak kan ragu berbagi sapa dan salam, tersenyum atau sekedar memberi anggukan walau baru pertama kali bertemu. Sungguh, walau sudah bertahun-tahun berinteraksi dengan masyarakat Jepang sejak tahun 90an, kekaguman akan keramahan dan ketulusan warganya tak pernah berhenti membuat kagum, lagi dan lagi.
Selamat pagi (Ohayou gozaimasu) yang diucapkan dengan intonasi penuh semangat dan ekspresi gembira, mampu menyemangati siapapun yang mendengar maupun mengucapkan untuk segera beraktifitas dengan upaya terbaik. Selamat siang (Konichiwa) yang terucap saat berpapasan atau saat sengaja bertemu memberi makna persahabatan dan kerjasama yang solid di mataku.


          

No comments:

Post a Comment