Saturday, November 9, 2013

Penandatanganan perpanjangan  MoU dan joint seminar Universitas Andalas dan Kagoshima University

Kagoshima, 7 November 2013, pada pukul 10.00 waktu Jepang (08.00 WIB) bertempat di Kantor President Kagoshima University, Gedung Rektorat  Lt 4. Kagoshima University, telah ditandatangani perpanjangan MoU antara Universitas Andalas dan Kagoshima University yang didahului dengan perkenalan team yang hadir dari kedua universitas, lalu short speech dari Presiden Kagoshima University, Dr. Yoshizane MAEDA .

Dalam sambutannya Presiden Kagoshima University menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang telah terjalin sejak 30 tahun lalu antara peneliti dari Kagoshima University dan Universitas Andalas. Harapan ke depan adalah, kerjasama akan dikembangkan pada bidang yang lebih luas tidak hanya di bidag science seperti yang selama ini telah berjalan tapi juga social seperti hokum dan budaya. 

Dari Universitas Andalas sendiri, sambutan Rektor  UNAND disampaikan oleh Prof. Dr. Hermansah, yang diawali dengan penyampaian permohonan maaf karena batalnya kehadiran Rektor UNAND di Kagoshima University dikarenakan proses Akreditasi Universitas yang harus berjalan pada waktu yang bersamaan. Apresiasi dan harapan untuk kerjasama yang lebih baik ke depannya juga disampaikan oleh Universitas Andalas, terutama di bidang penelitian dan akademis, termasuk sosial dan budaya.

Acara dilanjutkan dengan Joint Seminar yang menghadirkan presenter dari kedua Universitas dan peserta yang berasal dari staf pengajar maupun mahasiswa internasional di Kagoshima University.  Seminar yang dibuka oleh Advisor to President, International Student Affair, Prof. Katsunori Takeuchi kemudian berjalan sangat baik, dimana Prof. Eizi Suzuki dari Fakulty of Science  menyampaikan materi tentang Resarch and Education of Kagoshima University in Indonesia, especially thus under MoU with Andalas University.  Beberapa kegiatan seperti Internasional Training Program, Seminar Ilmiah, pertukaran dosen dan mahasiswa telah dilaksanakan dalam periode 5 tahun sejak 2008 dan menghasilkan publikasi internasional. Dilanjutkan dengan presentasi Dr. Erizal Muchtar mengenai Long Term Study on Ecological research in Ulu Gadut Forest West Sumatra dan  Dr. Yasashi Yamamoto  dari Faculty of Agriculture  yang mempresentasikan tentang  Citrus Genetic Resources Grown in West Sumatra, dilanjutkan dengan presentasi  mengenai  Entomological  Research in Biology Educational and Research Forest of Andalas University oleh Dr. Henny Herwina . Prof. Dr. Hermansah mengakhiri  rangkaian presentasi joint seminar ini  dengan materi berjudul Nutrient cycling in Relation to Soil Variability in a super wet tropical rainforest of West Sumatra.

Setiap sesi presentasi diakhiri dengan sesi diskusi, dimana Prof. Aiba dari Fakultas Sains  menjadi peserta yang paling atusias dan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang menggelitik. Acara secara keseluruhan diakhiri dengan foto bersama para pembicara, panitia dan peserta seminar lainnya. Seluruh rangkaian acara berjalan dengan hikmat dan lancar, memberikan semangat dan harapan yang besar agar kerjasama antar kedua universitas akan semakin berkembang dan  berkualitas serta bermanfaat bagi Indonesia dan Jepang (Henny Herwina, Kagoshima 7 November 2013).




No comments:

Post a Comment